Ayo Diskusi Tentang Implementasi KIP


Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan uji akses informasi terhadap beberapa SKPD di jajaran Pemkot Solo. Hasilnya cukup mengejutkan. Banyak SKPD yang bingung terhadap status dokumen terkait dengan UU KIP. Selain itu juga banyak SKPD yang tidak mengetahui apa saja dokumen-dokumen yang ada di SKPDnya. Hal ini cukup membuat saya percaya bahwa salah satu permasalahan terbesar di negeri ini adalah dokumentasi dan informasi. Bahkan beberapa kejadian korupsi yang terjadi disebabkan karena dua hal tersebut.

Tahapan-tahapan sederhana untuk menuju implementasi UU KIP pun banyak SKPD yang belum memahami. Sehingga ketika ada selebaran dari PPID terkait dengan informasi apa yang dikecualikan di SKPD terkait, ditemukan jawaban unik. Jawabannya adalah nihil. Hal ini sangat membingungkan PPID, nihil dalam arti tidak ada yang disembunyikan, atau nihil dalam arti tidak ada yang dibuka.

Melihat kebingungan-kebingunan itu, saya memberanikan diri untuk bisa bersama-sama berdiskusi, baik secara langsung maupun via dunia maya ini. Sebagai permulaan, saya membuat halaman tersendiri terkait dengan Perundang-undangan yang terkait dengan KIP yang akan saya tampilkan pasal-perpasal. Di halaman tersebut kita bisa melakukan diskusi panjang lebar terkait dengan pasal tersebut. Saya juga berharap nenti teman-teman komisioner yang ada di Komisi informasi Pusat dan Komisi Informasi Daerah bisa ikut bergabung dalam diskusi ini. Sebagai buku pegangan awal silahkan bagi siapa saja yang membutuhkan dokumen yang terkait dengan KIP bisa mendownload di sini.

Semoga hal ini bisa membantu badan publik dalam menyiapkan implementasi KIP dan Mayarakat dalam mendapatkan hak atas informasinya. Terima kasih

2 responses to “Ayo Diskusi Tentang Implementasi KIP

    • lha mesakke lek nek keno hukuman mung gara-gara ra ngerti kewajibane… he he he…. siap menjadi konsultanmu lho aku…. dinasmu khan jadi leading sektor urusan iki tho…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s